PENGETAHUAN
TRADISIONAL

Kopi Rempah Khas Maluku

Nama kopi dabe berasal dari cara pembuatannya, yaitu kopi yang direbus bersama cengkih, pala, dan kayu manis di dalam kuali tanah liat.

 

Sejak dahulu, Kepulauan Tidore di Maluku Utara dikenal sebagai penghasil cengkih, pala, dan kayu manis. Makanan dan minuman khas Tidore pun banyak menggunakan tiga jenis rempah ini, termasuk kopi dabe. Konon, kopi dabe merupakan minuman istimewa yang hanya disajikan pada tamu-tamu kehormatan Kesultanan Tidore di masa lalu. 

Nama kopi dabe berasal dari cara pembuatannya, yaitu kopi yang direbus bersama cengkih, pala, dan kayu manis di dalam kuali tanah liat. Jahe kerap ditambahkan,  juga daun pandan untuk menghadirkan aroma khas. Selain bunga cengkih dan biji pala, orang Tidore juga sering memasukkan daun cengkih dan daun pala untuk menguatkan cita rasanya. Setelah mendidih, kopi disaring dan siap dinikmati, ditemani pisang mulu bebe yang digoreng hingga kering seperti keripik dan disajikan dengan sambal. Dinamakan pisang mulu bebe karena bentuknya melengkung menyerupai mulut bebek.

Bahan-bahan yang mudah diperoleh membuat kopi dabe ini bisa dibuat di luar Tidore. Tak ada kuali tanah liat? Panci pun jadi. Tak ada cengkih, pala, kayu manis maupun pandan dalam bentuk utuh? Bubuk pun jadi. Tak ada di pasar tradisional? Dari swalayan pun jadi. Atau toko-toko daring. Tak ada pisang goreng? Ah, semua kudapan pasti nikmat bila berpadu dengan kopi dabe yang kaya rempah ini! 

 

Editor Nuria Soeharto

Sumber:

Abdul Kadir, Irma. 24 Maret 2021. “Kopi Dabe Khas Tidore”. Kanal YouTube Irma Abdul Kadir (daring, diakses 10 September 2021)

Ichsan, Wiwied. 25 Januari 2017. “Kopi Dabe, Minuman Kaya Rempah Khas Tidore”. Gamalama News (daring, diakses 10 September 2021)

Thamrin, Sri Hartati. 19 Maret 2020. “Resep dan Cara Buat Kopi Dabe/Kopi Nyiru Asli Rempah Maluku Utara”. Kanal YouTube Restu Bumi 16 (daring, diakses 10 September 2021)

Foto:

Ibrahim, Ridwan. 9 Oktober 2019. “(Foto) Kopi Dabe dan Cengkih”. TV Online Tidore (daring, diakses 10 September 2021)

Penulis:

IndonesianaTV

9 Januari 2022

overlay-footer
banner-footer

DAFTAR ANGGOTA DAN AKSES KONTEN UNGGULAN
SECARA GRATIS

Daftar di sini