CERITA
BUDAYA

Alffy Rev, "Total atau Tidak Sama Sekali"

Totalitas Alffy Rev membuat  karya-karya inovasi budaya Indonesia masuk di jajaran kelas dunia!

 

Oleh Devi Permanasari Soenjoto dan Theresia Widiningtyas

Gempita dan luar biasa! Itulah kesan kita saat menyaksikan persembahan musik video Wonderland Indonesia dari Alffy Rev yang mengawali acara peluncuran Kanal Indonesiana, Jumat (3/9) lalu. Dalam Wonderland Indonesia, Alffy menyajikan medley 10 lagu daerah Indonesia, diwarnai dengan tarian dan berbagai latar animasi pemandangan Indonesia. Lagu-lagu nasional Indonesia dan unsur musik daerah, berpadu dengan electronic dance music (EDM) menjadi ciri khas aransemen musik Alffy. Simak saja karya-karya Alffy terdahulu seperti cover lagu-lagu official Asian Games 2018 dan The Beauty of Bali

“Saya ingin mem-visualkan dan menyajikan frekuensi suara yang tidak biasa, membawa pendengar musik saya ke sebuah peradaban tersembunyi Indonesia, di mana keindahan, kekayaan alamnya, juga kekayaan budayanya akan tergambar melalui medley lagu daerah dan lagu nasional sebagai penutup,” kata Alffy melalui wawancara jarak jauh dengan Indonesiana.tv, tentang inspirasi kreatif Wonderland Indonesia.

Kolaborasi seniman Bali

Karya laki-laki bernama asli Awwalur Rizqi Al-firori ini mulai menarik perhatian publik saat melakukan aransemen ulang lagu Tanah Air ciptaan Ibu Sud, berkolaborasi dengan penyanyi Brisia Jodie serta Gasita Karawitan, dan mengunggahnya di YouTube pada 19 Agustus 2017. Sampai saat ini, video aransemen Tanah Air telah ditonton hingga lebih dari 26 juta kali. Melalui karya-karyanya, lelaki kelahiran Mojokerto, Jawa Timur, 18 Juni 1995 ini mengangkat nama Indonesia ke panggung dunia dan membuktikan  bahwa generasi muda Indonesia mampu melakukan hal itu. 

Awalnya, untuk Wonderland Indonesia, Alffy ingin berkolaborasi dengan seniman dari seluruh Indonesia dan mengabadikan   daerah asal lagu-lagu itu dengan kamera video. . Namun pandemi menantang Alffy untuk lebih kreatif. Ide pun tertuang dengan bantuan seniman-seniman Bali yang pernah bekerja sama dalam The Beauty of Bali. Para penari Bali membawakan tarian Nusantara non-Bali  begitu indah, sesuai harapan Alffy. Kecantikan  alam berbagai daerah Indonesia diwujudkannya melalui CGI (computer-generated imagery) buatan Dewatlantis Studio, studio animasi yang didirikan Alffy bertenaga anak-anak muda kreatif Bali. 

“Saya tidak ingin Bali hanya bergantung dari pariwisata karena saya tahu, di era pandemi ini, Bali sangat terpuruk. Saya ingin generasi muda yang ada di Bali juga hidup di- dan dari wilayah kreatif,” tuturnya. 

Sempat pesimis

Alffy membuat Wonderland Indonesia sebagai hadiah kemerdekaan Indonesia dan pertama kali mengunggahnya di YouTube pada 17 Agustus 2021. Karena anggaran produksinya yang sangat besar, suami Linka Angelia ini sempat pesimis Wonderland Indonesia dapat dirilis tahun 2021. Alffy bahkan sudah mengumumkan di media sosialnya bahwa produksi Wonderland Indonesia akan ditunda sampai pendanaannya terpenuhi.  

“Waktu membuat story board Wonderland Indonesia, saya sempat down karena budget-nya besar sekali. Di The Beauty of Bali, saya sempat menjual mobil untuk karya itu. Saya tidak terlalu memikirkan materi (dalam berkarya). Yang saya pikirkan adalah trust dari manusia-manusia yang sudah menantikan karya-karya saya bahwa saya bisa tetap total. Total atau tidak sama sekali. Itu jargon saya dan tim produksi,” tegas Alffy. 

Harapan dan doa Alffy rupanya didengar Yang Maha Segala. Doni Salmanan, seorang YouTuber dan pengusaha, bersedia menjadi produser eksekutif Wonderland Indonesia. Pembuatan musik video ini pun didukung oleh Kemdikbudristek sehingga Alffy dapat mempersembahkannya tepat di hari kemerdekaan Indonesia ke-76. Dan hanya dua pekan sejak dirilis di YouTube, Wonderland Indonesia telah ditonton lebih dari 15 juta kali! Sangat sepadan dengan kerja kerasnya!

Alffy berjanji akan selalu berusaha mempersembahkan inovasi bercirikan budaya Indonesia bagi bangsa Indonesia. Kekayaan alam dan budaya Indonesia yang tak pernah habis, menjadi sumber inspirasi Alffy. 

“Indonesia membutuhkan generasi muda yang mampu menggali harta karun itu. Semoga saya, Dewatlantis Studio, dan Rev Production menjadi salah satu dari generasi muda itu,” harap Alffy. 

Itulah Alffy. Bagaimana dengan Kayana muda lain? 

 

Editor Nuria Soeharto

Foto:   Rev, Alffy. “Wonderland Indonesia”. YouTube.com (daring, diakses 3 September 2021)

Sumber: Wawancara dan Youtube Alffy Rev New.



 

Penulis:

Admin

18 Oktober 2021

overlay-footer
banner-footer

DAFTAR ANGGOTA DAN AKSES KONTEN UNGGULAN
SECARA GRATIS

Daftar di sini